Minggu, 19 Mei 2013

KELAS IBU HAMIL DI DESA TARANTANG

Peserta Kelas Ibu Hamil
Pada hari Jumat (18/5) Puskesmas Lamunti mengadakan kegiatan Kelas Ibu Hamil di desa Tarantang, yang diadakan dalam rangka menambah pengetahuan ibu hamil sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam  Gerakan Persalinan yang Aman (GALINA). Bersumber dari dana BOK, kelas Ibu Hamil juga akan diadakan di desa-desa wilayah kerja Puskesmas Lamunti lainnya. Kegiatan Kelas Ibu Hamil ini juga mengundang Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta Dukun Kampung setempat untuk mensosialisasikan program paket Persalinan gratis di Fasilitas Kesehatan.


Penyampaian Materi oleh Ibu Bidan

Desa Tarantang adalah desa dengan jumlah penduduk terbanyak di wilayah kerja Puskesmas Lamunti, hal ini tentu juga berpengaruh dalam jumlah ibu hamil di desa tersebut. Kegiatan kelas Ibu Hamil ini direncanakan dalam 3 (tiga) kelas dengan tema dan materi yang berbeda-beda. Diantara materi-materi yang diberikan adalah tanda-tanda kehamilan, tanda bahaya kehamilan dan persalinan, perawatan ibu nifas dan perawatan bayi baru lahir serta inisiasi dini pasca melahirkan.

Sambutan dari Kepala Puskesmas


Sambutan dari Aparat Desa
Diharapkan dengan materi-materi yang diberikan kepada Ibu Hamil, dapat memberikan pengaruh dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Balita (AKABA) di wilayah kerja Puskesmas Lamunti, serta peningkatan Angka Persalinan oleh Tenaga Kesehatan (LINAKES) di Fasilitas Kesehatan.
Dalam sesi sosialisasi, pihak desa berjanji untuk menyediakan fasilitas berupa angkutan gratis bagi Ibu Hamil yang menginginkan bersalin di Fasilitas Kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar